Travel : Pantai Sanggar, Tulungagung

Travel : Pantai Sanggar, Tulungagung

Sejak bertemu teman-teman Marine Buddies cabang Surabaya yang notabene anak asuhnya WWF, kita seneng banget bahas trip tipis, bahas kampanye, koar-koar acara tentang kelestarian lingkungan terutama untuk daerah pesisir, pantai dan laut.

Indahnya Pantai sanggar

Kali ini saya akan bahas tentang Pantai Sanggar yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini tergolong pantai yang masih “virgin” karena jika dilihat secara keseluruhan, pantai ini jarang sekali dimasuki oleh wisatawan. Alasan utama yaitu karena aksesnya yang sulit. Kami harus berjalan kurang lebih 4 kilo melewati desa, lumpur, jalan bebatuan dan sangat sulit sekali apabila kondisi basah terkena hujan. Jalan setapak yang berlumpur dan bebatuan ketika basah akan licin, sehingga kami butuh kayu untuk menyeimbangkan jalan kita. Waktu kami ke sana kebetulan malamnya hujan. jadi yah.. capek deeh.

Lokasi Pantai Sanggar tepatnya di Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. untuk petanya klik disini.

Untuk perjalanan ke pantai Sanggar bisa berjalan kaki bagi yang kuat mental dan fisiknya, kalaupun tidak, tenang saja, ada banyak ojek yang akan mengantarkan kamu ke pantai nan indah ini. dengan membayar cukup Rp15.000, kamu ngga perlu bercapek-capek ria, etsss, tunggu dulu, bukan bearti kamu ngga berjalan, karena kendaraan motor dua hanya akan berhenti ke satu titik, selebihnya kalian harus berjalan kaki kurang dari 1 kilometer, kembali lagi karena akses yang sulit untuk dijangkau.

IMG-20171115-WA0008.jpg
lepas sandal daripada keselip
sanggar3
kami yang bahagia karena suara ombak sudah terdengar, tandanya pantai sudah dekat

Untuk para pejuang pejalan kaki, lelahmu akan segera hilang setelah melihat surga di tengah-tengah jalan licin dan kamu akan merasa puas. Yap, untuk sebuah kebahagiaan, dibutuhkan suatu pengorbanan.

lalu…..

sanggar1
sumber : https://www.jejakpiknik.com/pantai-sanggar/

Inilah Pantai Sanggar yang menghilangkan lelah kami…

Kami bermain-main dari pukul 9 hingga pukul 1 siang. Kondisi pantainya bersih, sepi pengunjung, sampah sedikit, ada beberapa anjing berkeliaran, ombah cukup besar. Waktu itu mendung, jadi kami tidak terlalu kepanasan, namun ada sedihnya, hasil foto jadi jelek. hehe..

Untuk kamu yang pengen bertamasya ke Pantai Sanggar ini, saya harap tak perlu bawa barang-barang yang jadi sampah, misal botol plastik, tissue, snack kemasan, kresek, sedotan, rokok. Ya apabila kalian tetep pengen membawa barang-barang sampah itu, tolong dibawa pulang lagi sampahnya, jangan ditinggal di situ. karena akan merusak pemandangan.

Untuk yang mau menginap di sana, bisa saja kalian bawa tenda untuk berkemah,

untuk yang mau snorkeling juga bisa. tapi jangan jauh-jauh karena ombak terlalu besar dan kemungkinan besar tidak ada apa-apa alias hanya ada batu-batuan aja.

sanggar2

Pantai ini berpasir putih dan banyak batu-batuan. Hati-hati ya guys, jangan sampai kaki lecet..

sanggar5

Kami dari geng Marine Buddies

Sekian review dari saya.. Selamat berlibur…

Waspada Dira Anuraga

 

source :

https://www.jejakpiknik.com/pantai-sanggar/

http://e-bloggertulungagung.blogspot.co.id/2013/06/wisata-pantai-pantai-sanggar-yang.html

Leave a comment