annlistyana

sometime life is how we write about

baguskah terlalu fanatik terhadap ajaran Islam? January 26, 2014

Filed under: Islam — annlistyana @ 22.13

Akhir – akhir ini, ya alhamdulillahnya saya udah mulai lagi mencoba mendekatkan diri lagi sama sang Pencipta. banyak alasan tentunya dan saya pikir faktor – faktor tersebut tidak perlu diperjelas. hehe cukup saya saja yang tau. dan kenyataannya, mendekatkan diri dengan sang Pencipta itu sangatlah menyenangkan dan menenangkan hati, dimulai dari sholat fardhu, sholat sunnah, dzikir, baca ayat – ayat suci Al Quran dan menambah ilmu lainnya di internet, atau masih banyak cara lain untuk mendekatkan diri. 

Yang akan saya bahas kali ini adalah, baguskah terlalu fanatik terhadap ajaran Islam? karena, dengan saya membaca situs – situs tentang keislaman, seperti fiqih, aqidah dan yang lain sebagainya, saya kurang terlalu suka, entah karena tidak sesuai dengan apa yang telah saya ketahui atau saya kurang setuju karena masih melakukan bid’ah tersebut. 

O ya, sebelumnya saya sendiri belum mengerti apa itu bid’ah, tetapi akhir-akhir ini saya baru ngerti apa itu bid’ah karena baru googling apa artinya. dan jujur, saya ngerti kata-kata itu juga baru-baru aja setelah bertemu orang yang tingkatan keIslamannya sudah mungkin beberapa tingkat lebih tinggi dari saya. antara memahami, mencerna, dan akhirnya ada sesuatu yang bikin saya agak kurang setuju. sedikit – sedikit harus bertentangan dengan bid’ah. atau lebih jelasnya jadi terlalu fanatik dengan ajaran Islam. ini itu dilarang, tapi ada beberapa kelakuan atau habitnya yang tidak sesuai.

memang, orang yang mengira dirinya pengen selalu mengikuti sunnah nabi dan rosul, dan mengikuti aqidah yang telah Allah tetapkan, dan mengimani al Quran dan hadist, dan menjauhi larangannya belum tentu juga dia sadar kesalahan apa yang telah dilakukannya. namanya juga manusia, pasti ada khilaf. dan pastinya manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa.

yang perlu kita ketahui adalah, jaman sekarang itu berbeda dengan jaman jahiliyah, dan jaman nabi dulu. seumpama sedikit – sedikit kita membahas tentang bid’ah, coba bayangkan, jaman dahulu, nabi melaksanakan haji itu dengan mengendarai unta, kalo jaman sekarang, kita berada di Indonesia, apa kita harus jalan ke Arab pake unta? soalnya dulu belum ada pesawat, jadi itu termasuk bid’ah juga kan. hayo..  Contoh lain lagi, dulu tidak ada ponsel, sekarang ada ponsel, apa penggunaan ponsel itu termasuk bid’ah. 

ada yang pernah bilang juga, orang muslim yang benar-benar mengikuti sunnah nabi, akan menjadi asing, dan orang kafir itu tidak boleh dikawani, atau lain sebagainya. Padahal, Nabi sendiri tidak pernah memusuhi siapapun, orang kafirpun pernah beliau temani ( kisah nabi dan pengemis) dan sudah ada sendiri agamamu agamamu, agamaku agamaku. dan Islam juga mengajarkan untuk saling bertoleransi dan saling menghormati.

Di Jawa, masih banyak kaum muslim yang mengadakan doa bersama untuk suatu kepentingan ( tahlilan, yasinan dsb), dan orang fanatik itu , menolaknya karena alasan Islam yang benar tidak ada tahlilan dan yasinan. padahal, jika orang muslim mengadakan doa bersama, itu juga termasuk silaturahim, mempererat tali persaudaraan antar kaum muslim. tapi si fanatik ini tetap tidak mau datang. dan menutup diri, mengunci diri di dalam rumah. 

heran, kenapa orang – orang itu bisa sefanatiknya sehingga mereka menutup diri dari lingkungan, karena menurutnya lingkungan itu akan merusak agama, 

apalagi orang – orang awam yang belajar ISlam tanpa ada pendampingnya, ada pendampingnya pun belum tentu benar, apalagi hanya membaca dari internet, buku dan media lain. setiap kata-kata yang tertulis, penafsiran masing-masing orang pun belum tentu sama. jadi dibaca atau didengar dan asal masuk ke telinga dan dicerna mentah-mentah. bukan jadi baik malah bisa jadi tersesat. 

Kita seharusnya bisa jadi Islam yang modern, yang mengikuti perkembangan Zaman, Islam yang cerdas, dan gak stuck sama satu hal. asal, jangan menyimpang, dan kalau toh memang sudah terlanjur menyimpang, yuk bertaubat bareng-bareng, 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s