annlistyana

sometime life is how we write about

nasi Jagung tanpa penyakit July 12, 2012

nasi jagung bisa menjadi alternatif pengganti nasi beras. selain murah, nasi jagung tidak memiliki sama sekali calon penyakit. tidak seperti nasi beras yang mengandung gula yang bisa mengakibatkan diabetes. Nasi jagung sendiri masih banyak ditemukan di daerah daerah desa, terutama yang sedikit sawah, mereka mengganti nasi beras dengan nasi jagung. proses pembuatan nasi jagung tak semudah menanak nasi. ada beberapa tahap mengolah jagung hingga menjadi nasi halus. 

manfaat lain dari jagung antara lain adalah jagung bermanfaat sebagai pencegah penyakit jantung, menurunkan hipertensi dan pencegahan cacat tabung saraf-saat lahir. Jagung  adalah salah satu dari sereal paling populer di dunia dan merupakan  kebutuhan pangan  pokok di banyak negara termasuk indonesia dan bahkan Amerika Serikat. tidak hanya memberikan kalori yang diperlukan untuk metabolisme sehari-hari, tetapi jagung  merupakan sumber yang kaya vitamin A, B, E dan mengandung  banyak mineral . Kandungan serat yang  tinggi dalam jagung membuatnya sangat bermanfaat untuk mencegah  penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir serta kanker kolorektal . Antioksidan hadir di jagung juga bertindak sebagai agen anti-kanker dan mencegah Alzheimer’s.

Nutrisi dalam jagung memang benar benar menjanjikan untuk kesehatan kita, ada banyak manfaat jika kita mengkonsumsi jagung.  

Jagung Sebagai Sumber Kalori

Jagung memiliki banyak kandungan kalori yang sangat tinggi yang bisa dibakar oleh tubuh kita. Dalam 100 g Jagung Jagung mengandung 342 kalori. Bahkan jagung merupakan makanan sereal yang memiliki kalori yang tertinggi dibanding dengan makanan sereal lainnya. Sehingga jagung merupakan makanan yang sangat cocok kita konsumsi jika kita ingin menambah berat badan.

Jagung Sebagai Pencegah Kanker Usus dan Wasir

Jagung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dalam satu cangkir jagung terkandung 18,4%  serat dari serat yang kita butuhkan dalam sehari. Dengan memenuhi kebutuhan akan serat, hal tersebut mampu membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada pencernaan seperti penyakit sembelit dan wasir, serta mampu menurunkan resiko kanker usus besar.

Jagung Sebagai Sumber Vitamin

Jagung kaya akan vitamin B konstituen, terutama Thiamin dan Niasin . Thiamin bermanfaat dalam  menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin menyebabkan Pellagra, yaitu sebuah penyakit yang ditandai dengan diare, demensia, dermatitis dan umumnya terjadi pada orang kekurangan gizi. Defisiensi asam folat pada wanita hamil menyebabkan kelahiran bayi berat badan dan juga dapat mengakibatkan cacat  saraf pada saat lahir. Jagung menyediakan potongan besar dari kebutuhan folat sehari-hari. Jagung kuning merupakan sumber yang kaya beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk pemeliharaan  kulit.

Jagung Sebagai Sumber Mineral

Jagung memiliki banyak jenis mineral seperti fosfor,  magnesium , mangan , seng , besi, tembaga dan selenium. Fosfor sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan dan  kesehatan tulang, serta menjaga fungsi ginjal agar tetap normal. Semaentara itu, Magnesium diperlukan untuk mempertahankan denyut jantung agar teta normal dan untuk menjaga kekuatan kekuatan tulang.

Jagung Sebagai antioksidan

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Cornell University,  diketahui bawa jagung merupakan sumber yang kaya akan zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, memasak meningkatkan antioksidan dalam jagung manis. Jagung merupakan sumber yang kaya senyawa fenolik asam ferulic, agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati.

Jagung Sebagai Pencegah Animia

Jagung bermanfaat dalam terjadinya animia atau kurang darah, karena jagung memiliki kandungan vitamin B12.

Jagung Mampu Menurunkan Kolesterol LDL

Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, Dengan mengkonsumsi minyak jagung bisa  menurunkan kolesterol LDL plasma dengan mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh.

Jagung Memberikan Perlindungan Dari Serangan Diabetes dan Hipertensi

Mengkonsumsi jagung dapat  membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif dalam melawan penyakit  hipertensi karena adanya phytochemical fenolik yang terkandung dalam jagung.

Itulah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan. Sayangnya meskipun jagung sangat manfaat, sangat sedikit orang indonesia yang mengkonsumsi jagung. Orang madura yang dulunya menjadikan nasi jagung sebagai makanan pokok, justru saat ini sudah tidak mengkonsumsi jagung lagi. Dan meskipun ada, itu hanya sebagian kecil saja. Jika anda adalah salah seorang yang juga jarang atau tidak penah mengkonsumsi sama sekali, di sini saya sarankan agar mengkonsumsi jagung. Jagung dapat dicampur dengan beras dan dimasak sebagai nasi.

 

2 Responses to “nasi Jagung tanpa penyakit”

  1. amir Says:

    Ada yang jual bibitnya gak?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s