annlistyana

sometime life is how we write about

hamster jungkir balik September 3, 2011

Filed under: Uncategorized — annlistyana @ 18.20

Nah, ini isu yg sangat penting bagi siapa saja yg mengaku HL. Yg sudah ngerti, termasuk yg setengah ngerti, wajib menjelaskan, demi masa depan Hamster di Indonesia.

Setahu ane, hamster jungkir balik (back flipping), circling (muter2 kandang, dan lama2 puterannya makin kecil dan akhirnya spt gasing), atau bahkan head tilting (pala tengeng), bisa krn genetic disorder/kelainan genetik. Sangat tidak bertanggung jawab kalo diternakin, karena pnyakitnya akan menurun. makanya hrs terus diedukasi bg teman-teman yg belum paham.

Jangan bosen yah.

Penyakit2 itu bisa krn kelainan gen bisa karena berkaitan dengan sistem vestibular. biasa juga disebut torticollis atau wry neck (utk head tilt). Penderitanya gak bisa mengontrol keseimbangan. Bisa juga terjadi pada kelinci, kucing, dan anjing. Menurut para ahli, pykit kek gini tergolong kompleks dan serius. Namun bisa disembuhin pada kebanyakan hamster. sayangnya cuma dokter hewan yg paham bagaimana caranya. Paling jauh kita cm bisa memberikan perawatan terbaik dengan asupan gizi dan vitamin yg baik buat penderita.

Biasanya dokter akan menganalisa penyebabnya dulu sblm melakukan treatment. bisa krn sebab infeksi telinga bagian dalam (bisa infeksi bakteri, bisa protozoa), bisa krn stroke, tumor, atau kecelakaan yg menimpa penderita. Konon bisa juga krn masalah gigi dan kantong pipi hamster. nah penanganan tergantung dari penyebabnya. lebih mudah sembuh kalo blm mencapai stadium tinggi.

ada dua macam jenis Vestibular disease: 1. Central Vestibular disease yang menyerang otak, dan 2. Peripheral Vestibular disease yg menyerang saraf di telinga bagian dalam. Yg kedua lebih mudah disembuhin dlm bbrp minggu, dan jenis pertama malah bisa gak akan sembuh.

Treatment utk jenis Peripheral Vestibular disease, bertujuan mengurangi atau mengembalikan sistem keseimbangan penderita. Katanya sih jenis obatnya tuh disebut motion sickness medications, yaitu Diphenhydramine dan Meclizine.

tp lagi-lagi, urusan kek gini udh di luar kemampuan kita, kecuali ada pren yg berprofesi dokter hewan di sini bisa bantu kasih pencerahan?

bnyk pemilik hammie yg gak paham penderitaan yg dialami hammienya. akibatnya, anak-anak mereka pun akhirnya membawa gen rusak, turunan berikutnya bgt juga, dan seterusnya dan sterusnya sampai penyebaran hammie kek gini makin luas.

yg mengenaskan kalo peternak dah tau penyakit hamsternya masih juga diternakin dan dijual tanpa ngasih tau ke pembeli soal kemungkinan hammienya bawa gen penyakit…

lalu what to do kalo kita punya hammie yg ngidap penyakit itu? plg bijak, ya jgn diberanakin, kecuali kita dah yakin bahwa itu bukan genetic disorder melainkan masalah vestibular (infeksi telinga bagian dlm) yg bisa disembuhkan…

mohon mastah2 ditambahkan inponya buat temen2. Ingat, demi masa depan hammie di indonesia…

by HamsterForGood – kaskus

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s