annlistyana

sometime life is how we write about

REMAJA PERKEMBANGAN DAN PERMASALAHANNYA June 4, 2010

Filed under: Pendidikan — annlistyana @ 00.31
Tags:

Masa penuh badai dan tekanan

Kemurungan

Kekacauan dalam diri

Pemberontakan

Citra tubuh

Harga diri

Mood

Hub. Dengan ortu dan lawan jenis

Beberapa permasalahan yang dihadapi remaja

  1. Seks dini – perkembangan psikoseksual
  2. Kehamilan pranikah
  3. Rokok, miras, dan narkoba
  4. HIV/ AIDS
  5. perkelahian remaja – geng – perkembangan sosial
  6. konflik anak vs ortu

MASA REMAJA

Masa Remaja adalah Periode transisis, antara masa anak dan dewasa

Bagan rentang hidup manusia

Batas usia 12 tahun sampai akhir usia belasan

Erikson menyebutkan hal-hal yang menyertai masa depan

Ciri utama remaja

Þ    Primer, menarche dan ejakulasi

Þ    Sekunder, perubahan bentuk tubuh

Þ    Tertier, perubahan tingkah laku

Perkembangan

Fisik (seksual)

Intelektual

Emosi

Sosial/ identitas

PERKEMBANGAN FISIK

Pubertas

Kemasakan seksual

Mampu melakukan reproduksi

Organ reproduksi=fungsi hormoral.  Menarche usia 11-17 tahun, rata-rata 12 tahun.

PEKEMBANGAN KOGNISI DAN INTELEKTUAL

Menurut Freud:  Dalam fase gential fungsi kognisi lebih masak

Realitas

Logis

Adaptif

Koflik dengan ortu

Ortu ragu & takut untuk mendekati anak

Beberapa konflik antara lain:

  1. PR
  2. Pekerjaan sekolah
  3. Selera musik berbeda
  4. Penampilan fisik
  5. Kamar berantakan
  6. jadwal sehari-hari

Keinginan remaja

Bebas punya hak berkuasa & membuat keputusan

Tidak mau menaggung beban tanggung jawab (belum sanggup)

Prinsip hub. Anak dan ortu

Ortu otoriter – anak frustasi

Ortu oferpermisif – anak semaunya, agresif

Ortu demokratis – anak harus dihargai, ada negoisasi antara anak dan ortu

Yang harus dilakukan remaja

  1. Terima dan akui perubahan dengan terbuka dan bersikanp positif
  2. banyak diskusi dengan yang lebih tua
  3. mencari sumber yang benar untuk memnuhi rasa ingin tahu
  4. kenali dan salurkan hobi
  5. jalin lingkungan supaya untuk menemukan identitas diri
  6. selektif dan tidak mudah terpengaruh

PEKEMBANGAN EMOSI

Masa transisi emosi cenderung labil

Mudah dipengaruhi suasana hati/ perasaan

Mudah larut                kondisi/ situasi yang menyertainya

OIeh sebab itu perlu dikelola dengan baik

PEREKMBANGAN SOSIAL

Peer group/ peer relation/ hub. Sebaya

Kelompok yang mempunyai kesejajaran cara pikir, perkembangan emosi, perilaku dan kepribadian

PERKEMBANGAN IDENTITAS

Kompetensi/ harga diri

Nilai dan standar norma

Standar nilai teman sebaya

Anak, pelajar, anggota masyarakat

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s