annlistyana

sometime life is how we write about

Magelang punya Batik April 29, 2010

Filed under: lifestyle,Uncategorized — annlistyana @ 12.49
Tags: , ,

KUB Batik

Tanggal 28 April 2010, mungkin bagi KUB (Koperasi Usaha Bersama) Tidar merupakan hari yang sangat bersejarah. Karena hari itu adalah hari peresmian di adakannya batik Magelang yang langsung di resmikan oleh Walikota Magelang dengan didampingi Wakil Walikota, pejabat pejabat kota Magelang, kapolres Magelang, Ketua Pengadilan Negri, Dandim, pejabat ekselon 2 dan masih banyak lagi.

Acara diadakan di Gedung Wanita mulai jam 10.00 dan para undangan penting sebagian besar menggunakan Batik Magelang itu sendiri, tamu undangan lain seperti kepala sekolah se Kota Magelang hanya memakai seragam dinas krem. Sayang sekali ngga pake batik ya..

Desain desain batik Magelang tidak hanya dari para anggota KUB saja, tetapi desain itu juga di dapat dari para pemenang lomba desain batik Kota Magelang. Para pemenang itu harusnya bangga, karena hasil karya mereka di pakai oleh para pejabat tinggi kota Magelang.

Kita sebagai orang Magelang harus bangga, akhirnya Magelang punya batik, walaupun telat. Ada yang bilang, batik di Klaim Malaysia, baru orang sadar bikin batik.. Namanya juga Indonesia..

KUB Tidar sendiri didirikan juga beberapa bulan yang lalu , yang beranggotakan orang-orang terpilih (termasuk saya)ūüėÄ karena dulu pernah ikud seleksi membuat batik, dan saya terpilih.. Alhamdulillah. Padahal juga gambaran saya gak bagus bagus amat. Bangga juga yang milih itu Pak Komar, perajin Batik dari Bandung, tau gag?? Kasian deh lo kalo gag tau. Pak SBY aja pesen batiknya di tempat Pak Komar. Harganya sampai 35 Juta sendiri. Gila kan, itu cuma kemeja doang lho..

Sekarang untuk ke depannya, kita sudah mulai memperbanyak produksi, tapi belum ada tempatnya, kita butuh tempat yang luas untuk berproduksi.. Siapa yang mau menyumbangkan tanah untuk produksi? Butuh luas karena proses membatik itu sangat rumit. Mulai dari desain, pencantingan atau pengecapan, pewarnaan dan penjemuran kain, butuh tempat yang luas.

Kalo sekarang sih kita, produksinya sedikit, belum banyak orderan, jadi cukuplah 1 rumah untuk berproduksi. Alamatnya di belakang pasar Kobong rejowinangun. (Keplekan). Mas Koko si pemilik rumah juga merupakan salah satu anggota KUB yang merelakan rumahnya untuk tempat berproduksi batik batik magelang itu. Batik batik yang lain juga ada, berupa kain penutup jenasah, taplak meja, kemeja dan kotak kado, dan lain lain.

Jika kalian berminat buat belajar batik, datang aja ke tempat mas koko atau ke KUB Tidar di Kyailanggeng. Beli alat alat batik juga ada di situ, 1 paketnya Cuma 36 ribu, udah dapet kompor, wajan, canting 1 set (5) dan lilin 1 ons. Mari kita lestarikan budaya batik, batik tidak mengenal usia, pengrajin batik ada juga yang masih SD kelas 4. Sampai kakek nenek pun juga ada. Apa kalian berminat?? Bikin sendiri, di pake sendiri.. kerennnnnn… kalo dijual juga oke tu..

 

3 Responses to “Magelang punya Batik”

  1. faisal Says:

    mas, kalau beli alat batik untuk proyek diskon berapa % ya?

  2. Luciana E M Says:

    bisa minta no telp KUB nya ?
    kalau mau lihat2 batiknya dimana?

  3. bayu pinandoyo Says:

    kalau daerah pemroduksi batik di magelang sendiri dimana ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s