annlistyana

sometime life is how we write about

tips penghilang stress dan depresi April 26, 2010

Berbagai masalah atau problema dalam kehidupan kita yang naik turun dan selalu berputar seperti roda membuat kita merasa berada di atas dan di bawah. Ketika di atas kita akan merasakan bahagia, namun ketika merasa di bawah , maka kita akan merasa sedih, kecewa sampai kita depresi.

Depresi atau stress itu sendiri berasal dari dalam hati yang sampai ke otak, orang stress yang akut akan menimbulkan efek samping yang tak terduga duga, misalnya saja masalah dengan lingkungan sekitar, keluarga, pacar, kantor, sekolah dan masih banyak lagi lingkungan lainnya yang akan membuat kita merasakan berbagai masalah. Jika kita tidak sanggup menjalani semua dalam kehidupan kita sehari hari, maka kita akan depresi atau stress, kemudian menjadi gila, sampai melakukan tindakan konyol seperti bunuh diri. Sudah banyak kan kasus kasus seperti itu, ironisnya, bukan kalangan dewasa saja, tapi sudah merembah sampai anak-anak. Karena stress dapat dirasakan dan menjangkit pada semua kalangan atau semua umur tanpa membedakan lawan jenis.

Oleh karena itu, saya akan memberi tips dan trik ketika kita merasa stress atau deperesi apapun alasannya. Tips ini bukan menggunakan bahan kimia seperti obat penenang..

1. Senam yoga,

Senam yoga dapat mengurangi stress, karena dalam yoga, kita melakukan gerakan- gerakan yang bisa merilekskan tubuh kita sehingga otomatis otak dan hati kita akan merasa rileks juga.

2. Olahraga pagi (jogging),

Olahraga di pagi hari seperti jalan-jalan akan mengurangi stress, karena saat kita jogging, akan menghasilkan hormone kebahagiaan yang menggurangi rasa depresi kita

3. Baca Al Quran

Dengan membaca Al Quran, itu merupakan siraman rohani yang manjur, saat kita stress berat, disitu pula kita harus lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah SWT. Sudah banyak yang membuktikan, keikhlasan kita membaca Al Quran akan mengurangi rasa stress kita, entah logikanya bagaimana, tapi kenyataannya memang begitu. Al Quran akan membuat kita lebih tenang, dengan kita ingat kepada Allah, dan kita pasrahkan semua hidup kita kepadaNya, maka depresi kita akan berkurang.

4. kulit Pisang

Minum air rebusan kulit pisang beberapa kali dalam seminggu dapat mengatasi depresi karena kulit pisang mengandung serotin yaitu hormone yang mengatur mood(suasana hati) menjadi baik dan menurunkan stress.

5. Cokelat

Makan cokelat batang yang sudah tersediakan di market adalah salah satu cara yang mudah untuk mengurangi depresi atau stress. Selain rasanya yang nikmat dan manis, coklat memiliki banyak kandungan untuk kesehatan, termasuk untuk mengurangi rasa stress pada seseorang, tapi jangan makan banyak ya. Nanti kegemukan. Selain cokelat batang, kita juga bisa minum susu coklat atau makan segala hal yang mengandung cokelat.

6. Aroma terapi

Sediakan aroma terapi dirumah saat kita stress. Aroma yang sedap itu akan mengubah suasana hati kita lebih tenang dan lebih segar. Coba saja aromaterapi bau bunga seperti lavender atau yang lainnya

7. Sharing dengan teman

Stress yang kita pendam tak akan mati. Kita akan selalu merasa depresi jika kita tidak mengeluarkan uneg uneg dalam diri kita. Dengan sharing bersama teman dekat yang bisa kita percayai maka kita akan merasakan lebih lega dan lebih tenang.

8. cari kesibukan

ini adalah cara yang ampuh. kittak akan memikirkan kalo kita lagi stress kalo kita sedang melalukan aktifitas yang berguna.

semoga bermanfaat..

 

3 Responses to “tips penghilang stress dan depresi”

  1. simuzz Says:

    sipp. dah..
    akan kucoba tipsnya.. moga2 sukses. amin..
    ditunggu kunjungan baliknya http://simuzz.wordpress.com

  2. ndjoe Says:

    ada tips buat ngilangin stres karena jomblo?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s