annlistyana

sometime life is how we write about

Guru masa depan jadi Bule April 7, 2010

sekolah

Era Globalisasi sekarang, guru dituntut untuk bisa menguasai bahasa Inggris, karena system pendidikan ke depan, pembelajaran di kelas menggunakan bahasa Internasional, sehingga guru harus mampu berbahasa Inggris dengan sempurna baik aktif maupun pasif,

Sebagai contoh sekolah sekolah nasional yang sudah bertaraf nasional,

dituntut untuk mampu menerapkan bahasa Inggris dalam pembelajaran, apa lagi yang bertaraf internasional. Mata pelajaran ilmu pasti, diwajibkan menggunakan bahasa Inggris, dan pelajaran tergolong IPS juga menggunakan bahasa Inggris, kewarganegaraan pun juga menggunakan bahasa Inggris, sehingga hamper semua mata pelajaran menggunakan bahasa Inggris.

Contoh nyata di SMP 2 Magelang dan SMA N 1 Magelang, system belajar mengajar menggunakan bahasa Inggris, mulai dari pengantar guru dalam kelas, materi pembelajaran, hingga tes tertulis. Sekolah tersebut juga mempunyai sister school di luar negeri yang merupakan kerja sama antar sekolah.

Selain kedua sekolah tersebut, masih banyak sekolah sekolah lain yang menerapkan sekolah berbasis internasional. Sekolah itu dipilih oleh dinas pendidikan setempat. Bangga sekali sekolah yang di minta untuk standar nasional (SSN) dan internasional (SSI). Saking tak ingin ketinggalan dari sekolah lain, adapula yang SSN mandiri, jadi segala kebutuhan sekolah itu dengan biaya sendiri, dan hasilnya tak kalah dengan yang dibiayai pemerintah.

maka kita sebagai calon guru, yang sedang kuliah di jurusan keguruan, kita harus bisa dan mampu belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar, sehingga besoknya kita tidak kaget jika masuk sekolah yang berbasis bahasa inggris SSN maupun SSI. Daripada kita nantinya di permalukan oleh murid-murid kita sendiri yang lebih pandai dan lebih pintar.

Dan pada kenyataannya, perkuliahan saya dengan fakultas keguruan prodi BK sama sekali tak ada materi Inggrisnya.. sangat di sayangkan, padahal sudah dengan jelas, semua sekolah pada tahun kedepannya dengan secara keseluruhan diwajibkan untuk menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Lalu bagaimana dengan nasib seperti saya, yang kuliah tanpa ada pembelajaran dan pengembangan bahasa inggris???

Mungkin bisa jadi tak akan terpakai di sekolah sekolah berkualitas, dan kita akan tersingkirkan di SSL (sekolah Standar Lokal)

Untuk kampus saya, UMM (Universitas Muhammadiah Magelang) khusus fakultas keguruan, saya mengharapkan dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan bahasa Inggris agar kita sebagai calon Guru di masa depan mendapatkan masa depan yang cerah yang sesuai dengan perkembangan pendidikan.

salam..

 

4 Responses to “Guru masa depan jadi Bule”

  1. nynyn Says:

    Adu2 ibuu guruu…
    Selamat berjuang membangun bangsa yy ! 8)

  2. nara_zzi Says:

    Wah…..kalo gitu repot juga ya…bagi yang tidak pas gebagian materinya,,,,ya.

    • aneazt Says:

      nah iya makanya… jadi kita mau gag mau kalo di kampus ngga ada pelajaran bahasa inggris, kudu les di tempat lain, malu dong sama murid kelak

  3. Amri Says:

    Perbnyk ntn film2 brbahasa inggris jg,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s